Magic Wall Selayar, Surga di Tebing Menantang

283099_1918783491642_4142196_n

Zul ‘Regal’ Janwar

Dalam hal keindahan laut, Selayar tidak bisa dipandang sebelah mata. Kabupaten pemilik 130 pulau ini menyimpan beragam keindahan pesisir, pulau dan ekosistem laut. Banyak destinasi menantang kelas dunia pantas dijajal. Rasanya tak utuh logbook penyelaman kita tanpa ke Selayar.

Di mata Zul ‘Regal’ Janwar, pemegang lisensi Rescue Diver ADSI dan UW Photography PADI sekaligus pendiri Rumah Divers, Selayar tak kalah dibanding destinasi selam dunia lainnya. Berikut cerita Regal, pemilik 100 lebih catatan penyelaman ini kepada RumahDivers.

***

Selain punya taman nasional laut Taka Bonerate yang merupakan atol ketiga terbesar di dunia setelah Kwajifein dan Suvadiva di Pasifik, Selayar memiliki pantai dan konfigurasi tubir menawan, utamanya di Pantai Timur Pulau Selayar, Pantai Jammeng, Pantai Appatanah, Pulau Gusung hingga keelokasi pesisir di Pulau Kayuadi hingga Pulau Kakabia.

Salah satu spot selam istimewanya adalah Magic Wall di Pantai Timur.  Ini adalah sebutan bagi satu titik di pantai timur Selayar yang disematkan para penikmat keindahannya karena pesona daya magis keelokannya. Dari Pantai Timur Selayar ke Taman Nasional Taka Bonerate dapat ditempuh 2-3 jam dengan speedboat.

Keindahannya bak surga di bawah laut. Dengan menyelam di lokasi ini kita bisa menikmati berbagai biota yang sensasional seperti schooling ikan-ikan besar (giant travelly atau Mumbara, sebutan warga lokal), manta, penyu, barracuda. Kadang-kadang kita akan ketemu hiu, napoleon atau ular laut unik.

Salah seorang instruktur selam pendiri Rumah Divers yang pernah menikmati keindahan Magic Wall Selayar adalah Imran Lapong yang telah menyelam hingga 4 kali di dive spot ini.

?????????????????

Melayang di sisi magic wall (foto: Regal/SSD)

IMG-20150410-WA0062

Pesona magic wall yang aduhai (foto: Regal/SDD)

IMG-20150410-WA0061

Ikan-ikan coba mendekat (foto: Regal/SSD)

Bagi sebagian divers yang pernah menyelam di Magic Wall akan tanpa tidak sadar akan mengatakan “Magic wall bisa bikin kita gifo alias gila foto saking banyaknya sudut keindahan tak biasa”.

“Paling asik kalau menyelam malam hari.” kata beberapa tamu yang pernah menjajal tempat di timur kota Benteng ini.

???????????????????????????????

Eksplorasi tanpa batas di Magic Wall (foto: Regal/SSD)

IMG-20150410-WA0059

Surga di tebing menantang (foto: Regal/SSD)

***

Dive spot di timur terbilang unik dan menantang, dia pantasnya diselami penyelam advance karena topografi reefnya yang esktrim dan di beberapa lokasi ditemukan down current.

Saya amat puas menyelam di kampung halaman, di pantai timur Selayar. Hanya dengan menggunakan kamera Canon G15 yang disetel ke pengaturan manual kita sudah bisa mengabadikan keindahan magicwall seperti gambar-gambar di atas.

Saya berharap dalam waktu dekat anggota RumahDivers bisa menyelam di Magic Wall, termasuk jika ada penyelam lain dari luar Selayar yang tertarik. Teman-teman di Sileya Scuba Divers (SSD) bisa memandu ke sana. SSD adalah klub selam di Benteng yang menjadikan Magic wall sebagai destinasi andalan.

Di SSD pula tersedia tabung dan alat selam lainnya yang dapat disewa. Termasuk sarana prasarana sampai ke destinasi andalan tersebut.

IMG-20150410-WA0065

Selain pesona tebing di Timur, kenikmatan fotografi bisa dijajal di Pantai Barat Selayar (foto: Regal/SSD)

Oya, kalau mau menikmati keindahan dan kelimpahan biota mini dengan target fotografi bawah air a la macro sila datang ke pantai barat pulau Selayar!

Ayo ke Selayar!

RD #013

Editor: Kamaruddin Azis

2 thoughts on “Magic Wall Selayar, Surga di Tebing Menantang

Leave a comment